Review Makanan selama 8 hari di Bali (Part 1 )

Hai parents! Kali ini saya mau list restaurant mana saja yang sudah kami coba selama liburan di Bali. Sebelumnya saya juga sudah menyiapkan rencana mau makan dimana saja sebelum tiba di Pulau Bali. Jadi tidak ada perasaan bingung dan takut saat mengetahui harganya. Karena sudah kami siapkan jauh-jauh hari. Meskipun masih ada makanan yang baru saya coba untuk pertama kalinya. Senang dan sangat penasaran tentunya. Dan yang paling penting kami mencari restaurant yang sesuai dengan anggaran harian kami. Jadi selama perjalanan pun tidak merasa khawatir sama sekali.

Yuk kita mulai saja ya biar ga semakin penasaran.

1.Warung Bu Devi Lawar Marlin

Lokasi : di Jl. Wisnu Murti, Ketewel, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Letaknya yang cukup strategis membuat warung ini tidak susah ditemui. Pertama kali saya mencoba masakan Bali Lawar Halal ini ya disini. Karena direkomendasikan oleh adik saya, akhirnya saya pun memilih warung Bu Devi ini. Selain itu review nya banyak yang bilang enak dan tidak mengecewakan. Satu menu cukup rame isinya. Terdapat Lawar sayur Nangka dengan ikan Marlin, Ikan Marlin mentah( yang rasanya tidak amis sama sekali), Komoh Marlin (Sup ikan lembut dengan bumbu khas Bali yang spicy), Serapah Marlin (ikan dibumbu dengan rempah-rempah, santan pokoknya rasanya sangat enak) dan yang terakhir sate lilit yang sangat lezat dan tak lupa nasinya sebagai pelengkap dari menu diatas. Kebayang ya lezatnya,hmm yummy!

Harga per porsi: 20.000 Rupiah (belum termasuk minumnya)

Recommended or no: Yes very Recommended!

Kids Friendly or no: No, saya sarankan bawa bekal untuk si kecil ya saat kesini. Masakannya semuanya pedas.

Lawar Marlin 1 porsi dengan sate lilit diatasnya
Minuman temulawak beruap yang dihidangkan di warung Lawar Marlin
Foto gambar warung Lawar Marlin

2. Dapur Kintamani

Lokasi : Batuan Kaler, Sukawati, Gianyar Regency, Bali 80582

Kali ini saya ingin mencoba masakan khas Bali yaitu Mujair Nyat-Nyat. Mujair Nyat-Nyat adalah salah satu makanan khas Bali yang berasal dari Kintamani. Untuk lokasinya masih di Gianyar dan juga dekat dengan Bali zoo. Restorannya sendiri sangat sepi, namun penataan depotnya bersih. Dari pintu masuknya saja kami sudah disambut dengan tanaman hias yang cukup rimbun. Untuk menunya Dapur Kintamani cukup beragam. Menu yang disajikan adalah menu beragam macam ikan Mujair ( Mujair Nyat-nyat, Mujair Bakar, Mujair Goreng, Mujair Goreng Sambal Matah) serta aneka Ayam dengan bumbu yang sama. Untuk suasana restorannya sendiri cukup adem dan relaxing. Karena letaknya berdampingan dengan sawah. Rasa dari Mujair Nyat-nyat ini dominan pedas, sedikit asam serta gurihnya ikan Mujair membuat rasa Mujair Nyat-Nyat ini sangat unik dan lezat. Bakalan mampir sini lagi deh kalau main ke Bali lagi.

Harga per porsi: Rp 28.000 hingga Rp 33.000

Recommend or no: sangat recommended terutama buat team backpackeran.

Kids Friendly or no : Yes kids Friendly. ada menu ikan goreng sehingga aman dikonsumsi anak-anak.

Depan Restoran Dapur Kintamani
Dalam restoran Dapur Kintamani
Menu Dapur Kintamani
Tampilan Menu Mujair Nyat Nyat
Tampilan Gurame Bakar dengan sayur khas Bali dan Sambal Dabu Dabu serta Sambal Bajak
Tampilan Mujair Goreng salah satu menu yang Kids Friendly

3. Nengah Sate

Lokasi : Pasar Senggol Gianyar (untuk sementara Pasar Senggol Gianyar pindah ke Gor Kebo Iwa)

Nengah Sate ini adalah kuliner kaki lima tapi rasanya bintang lima, serius deh! Saat saya mencoba ke Nengah Sate ini yang saya coba adalah Sate Tuna nya. Info dari adik saya sate tunanya adalah yang paling enak rasanya se-Gianyar. Sayangnya saat saya mencoba Sate Tuna ini plecing kangkungnya sudah habis. Sehingga yang disajikan untuk kami hanya nasi dan 5 tusuk Sate Tuna dengan sambal khas Bali. Eh tapi jangan salah, meski plecing Kangkung absen dari piring kami, rasanya tetap lezat sampai di ubun-ubun. Paduan ikan tuna yang dibakar bercampur dengan bumbu khas Bali dominan pedas membuat rasanya sangat nikmat. Daging tunanya sendiri pun potongannya cukup besar, sehingga jangan khawatir porsinya kurang. Minusnya sih karena letaknya di pasar sehingga kursi untuk pengunjung kurang banyak, padahal cukup ramai juga warungnya dimalam hari. Untuk harganya sendiri masih terjangkau, satu porsi hanya 20.000 Rupiah.

Recommended or no : yes very recommended

Kids Friendly or no: No. Masakannya agak pedas juga. bawa abon ya moms.

Tampilan Warung Nengah Sate

Okay saya rasa sekian dari artikel Lhanyu kali ini, jangan lapar ya melihat blog kami, hehe. Semoga bermanfaat ya saat ingin kulineran di Bali.

Have a nice day! Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya 😃